Halaman

Jumat, 16 September 2011

Sejarah Majapahit

Sebelum Majapahit berdiri dan mempersatukan nusantara, Singhasari adalah kerajaan terbesar di Jawa sehingga menarik perhatian Kubilai Khan. Kubilai Khan pun mengutus utusannya untuk menuntut upeti. Tetapi, Singhasari menolak hal itu dan memotong telinganya. Pada masa itu Kertanegara sudah dibunuh dan digantikan oleh Jayakatwang. Kubilai Khan pun marah dan memberangkatkan pasukan-pasukannya untuk ekspedisi besar.

Setelah itu Raden Wijaya , menantu Kertanegara pun datang dan menyerahkan diri. Jayakatwang pun mengampuni dan memberikannya daerah Hutan Tarik. Raden Wijaya disana menemukan buah yang rasanya pahit sehingga daerah tersebut pun disebut "Majaphit." Raden Wijaya pun membangun kerajaan Majapahit dan bersekutu dengan tentara Tar-Tar untuk membalas dendam kepada Jayakatwang.

Kerajaan Singhasari pun Hancur karena tidak dapat membuat perlawanan terhadap pasukan gabungan tersebut. Setelah itu, Raden Wijaya membawa pasukan Tar-tar untuk merayakan kemenangan tersebut di Ujunggaluh dengan meminum air tuwak. Saat pasukan Tar-tar meminum air tuwak tersebut sehingga mabuk, pasukan Majapahit pun membunuh semua pasukan Tar-tar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar